Family Camping (1)

Kali ini saya mau bercerita tentang family camping yang pertama. Belakangan Davina sering tanya, “Pa..hayoo kita camping, tidur di tenda, bla..bla..bla..” Ntah darimana dia tahu.. but well.. it’s OK secara papanya dulu juga anak mapa. Hayo ajah.. Mamanya juga setuju. Kita cari waktu yang tepat, dan memang bulan Juni sampai dengan Oktober memang waktu yang tepat untuk naik gunung, karena musim kemarau, tidak takut hujan, becek, dan sebagainya.

Pilihan pertama pun jatuh ke Camping Ground Mandalawangi Cibodas. Yaa..Cibodas.. gak asing lagi buat para pendaki karena memang ini adalah starting point menuju Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Tidak bisa dipungkiri bahwa tempat wisata camping terbaik di sekitaran Jawa Barat salah satunya adalah kawasan wisata cibodas. Di tempat wisata alam ini terdapat tiga lokasi yang dapat dijadikan pilihan tempat untuk berkemah (camping). Pertama adalah Mandalawangi Cibodas. Kedua adalah Camp Cibodas Golf Park. Tempat camping yang satu ini menawarkan medan perkemahan yang nyaman dengan hamparan rerumputan yang luas. Tempat ini pada saat musim kemarau sering menjadi pilihan favorit untuk berkemah, karena lapangan golf ini tidak atau jarang sekali dipakai karena tidak terlalu baik untuk bermain golf. Tempat camping ini terletak di samping Mandalawangi Cibodas Camping Ground sebelah selatan. Di pagi dan siang hari, di tempat ini akan tampak pemandangan Gunung Gede Pangrango yang sangat indah, juga di malam hari ketika tidak mendung dan turun hujan.

IMG_3918

IMG_2764

Menurut petugas setempat lokasi ini mampu menampung lebih dari 10.000 peserta camp. Tempat yang sangat cocok untuk kegiatan perkemahan besar seperti gathering, jambore dan lainnya. Ketiga adalah Mandala Kitri Camping Ground. Untuk yang satu ini saya tidak begitu familiar. Jadi gak banyak informasi yang saya ketahui tentang lokasi tersebut.

Oh ya.. untuk menembuh Cibodas dari Jakarta sangatlah mudah. Keluar pintu tol Ciawi terus ke arah Puncak Pass. Seperti biasanya untuk weekend jalur puncak akan selalu padat dipebuhi kendaraan yang berasal dari Jakarta. Untuk itu sebaiknya kita harus menyesuaikan jadwal buka tutup jalur Ciawi – Puncak (vice versa). Sebaiknya berangkat pagi hari dari Jakarta, sehingga ketika keluar tol Ciawi jalur sudah satu arah menuju puncak. Informasi yang saya peroleh untuk weekend mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 11.30, semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak (kendaraan dari arah Puncak ke arah bawah/Jakarta dan Ciawi di tutup). Sedangkan pukul 15.00 sampai dengan 17.00, semua kendaraan hanya satu jalur ke arah bawah atau arah Jakarta atau Ciawi (kendaraan yang akan menuju Puncak ditutup). Hal ini penting kita sesuaikan agar perjalan kita tidak terganggu, harus menunggu selama beberapa jam sehingga mood rusak..

IMG_2757

Di postingan selanjutanya saya akan bercerita tentang pengalaman kami selami berkemah, perjalanan menuju air terjun Cibereum, dan tips yang mungkin berguna untuk family camping.

See you..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s