Jalan-jalan ke Legoland (1)

Kemarin waktu lihat koleksi foto-foto lama ternyata tahun kemarin (2015 -red) banyak tempat atau wahana keluarga yang udah kami jalanin bareng, dari dalam negeri sampe ke luar negeri (walaupun baru Singapore dan Malaysia he..he..). Nah, kali ini coba saya tulis tentang jalan ke Legoland Malaysia tahun 2015 yang lalu. Seperti kita ketahui, Legoland Malaysia yang terletak di Johor Bahru adalah Themepark Lego pertama di Asia Tenggara.

Legoland…? Sudah pasti semua yang ada di sini berhubungan dengan Lego, mulai dari waterparknya sampai kita bisa lihat bangunan-bangunan terkenal di dunia yang dibuat dari Lego bricks, seperti Taj Mahal, Petronas Tower, dan masih banyak bangunan lain lho.. Dan tentunya beragam permainan anak yang bertemakan Lego.

Konon katanya di theme park ini terdapat lebih dari 30 juta blok Lego digunakan untuk menyusun berbagai bangunan tersebut… dan semuanya itu dibangun dengan sangat detail. Wow..nyusun 1000 bricks aja udah pusing he..he..

Bagaimana menuju Legoland menggunakan transportasi umum dari Singapura (berhubung waktu itu kami stay di Singapore):

  1. Paling gampang ya.. menggunakan Taksi. Cepat dan nyaman tapi yang pasti juga mahal he..he.. Taksi yang melayani rute ini bisa kita dapati di terminal  Queen Street Bus Terminal.
  2. Menggunakan sejenis bus pariwisata. Paling umum dan banyak direview sih WTS coach bus dan Superior Coach. Bus pariwisata ini berangkat dari beberapa titik dari Singapore dan tentu saja ada jadwal berangkatnya setiap sekian jam. Silakan check di web sitenya. Bisa pesan online terlebih dahulu. Salah satunya starting poin yang paling ramai adalah dari Singapore Flyer.
  3. Yang paling murah meriah adalah menggunakan bus umum dari Singapura ke JB Sentral (Terminal Bus di johor Bahru), dilanjutkan dari JB Sentral ke Legoland. Dan kami pun memilih naik bus umum dari Queen Street Bus Terminal yang terletak di belakang Bugis MRT station. Awalnya kami bingung mencari terminal ini, dan ternyata terdapat persis di seberang lapangan. Bayarnya bisa menggunakan kartu EZ Link yang biasa kita gunakan untuk MRT. Bus yang kami gunakan adalah Causewaylink-CW2 yang berwarna kuning dengan harga tiket untuk dewasa SGD 2,5 dan gratis untuk Davina he..he.. Ingat ya, penting untuk menyimpan tiket bus, karena tiket ini akan dipergunakan kembali setelah turun dan melapor di imigrasi Singapore.

Tidak lama menunggu, bus pun berangkat. Perjalanan dari Queen Street Bus Terminal ke imigrasi Singapura di Woodland memakan waktu 1 jam. Hal ini dikarenakan weekend jadi traffic lebih padat dari weekdays. Kami bertiga turun untuk pemeriksaan imigrasi meninggalkan Singapura. Jangan lupa untuk membawa potongan kertas dari imigrasi pada saat masuk ke Singapura.

Selepas imigrasi Woodland kita harus turun untuk mencari antrian bus berwarna CW2 yang berwarna kuning. Kita hanya perlu menunjukkan potongan tiket tadi pada saat naik. Bus kemudian menyeberangi jembatan antara Singapura dan Johor Bahru. Sesampainya di Johor Bahru, seluruh penumpang harus turun lagi di JB Sentral dengan semua barang untuk proses imigrasi masuk ke Malaysia. JB Sentral adalah pusat imigrasi sekaligus mall. Setelah selesai memperoleh cap masuk Malaysia, turunlah ke arah pemberhentian bus. Lumayan jauh jalannya euy.. Carilah halte nomor 1 (paling ujung) untuk menunggu bus dengan kode LM1 menuju Hello Kitty Town dan Legoland. Bus LM1 ini cukup mudah dicari, karena pada badan bus terdapat gambar tokoh Hello Kitty atau Barney. Harga tiket busnya  RM 4,5 dan gratis untuk anak-anak. Sebaiknya menyiapkan uang pas karena supir tidak menyiapkan kembalian.

Jam menunjukkan pukul 11.30 saat kami tiba di Legoland. Di depanLegoland terdapat Mall yang dipenuhi oleh berbagai merk restoran fast food seperti KFC, Burger King, dll.

Sebaiknya belilah tiket Legoland jauh-jauh hari sebelumnya melalui website Legoland. Kalau pesan H -7 dan sebelumnya dapat diskon 20%. Harga tiket dewasa MYR 112 dan anak MYR 88. Tiket lalu kita print dan harus ditunjukkan di gerbang pada saat masuk. Petugas akan mencocokkan nama pemesan tiket dan ID (passport) kami. Ingat, pada saat booking tiket tanggal kedatangan tidak bisa dirubah.

Saat itu kami membeli paket combo yaitu Waterpark dan Theme. Jatuhnya sih lebih murah. Kami disarankan oleh petugas Legoland untuk ke waterpark terlebih dahulu. Waterpark Legoland letaknya persis di sebelah theme park-nya, dengan gate terpisah. Bagi yang membawa tas bisa titip di loker, untuk sewa loker tarifnya RM 20 per hari. Ada belasan wahana yang terdapat di waterpark Legoland. Yang paling untuk anak-anak adalah Build-A-Raft River. Semacam lazy river gitu lah kalau di waterbom PIK. Di sepanjang aliran sungainya kita bisa membangun rakit dari keping-keping lego raksasa yang ikut berenang di sungai. Davina senang sekali, dan sibuk bergerak ke sana ke mari untuk mengumpulkan bricks raksasa yang berwarna pink.

 

DCIM101GOPRO
Davina dengan pelampung merahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s