Jelajah Singapore – Singapore Zoo

Beruntung bisa mengunjungi salah satu kebun binatang terbaik di dunia. Bahkan Singapore Zoo adalah kebun binatang terbaik di Asia. Semoga Indonesia di tahun yang akan datang dapat mempunyai kebun binatang terbaik di Asia, tidak kalah dengan negara tetangganya. Di kebun binatang ini para pengunjung akan dimanjakan dengan setting pemandangan alam yang sangat alami dan bebas, dengan bentuk dan design yang sangat baik. Kebun binatang ini juga sangat kid friendly, hampir seluruhnya bisa dilalui oleh stroller. Ya, stroller.. terutama anda yang membawa si kecil. Anda akan membutuhkan alat ini, selain payung tentunya.

IMG_2541
Pintu masuk Singapore Zoo

Hampir semua hewan-hewan di dalam kebun binatang ini dibiarkan hidup bebas tanpa kandang, hanya dengan memasang parit serta kaca tebal agar pengunjung mampu mengamati hewan-hewan tersebut. Terdapat lebih dari 315 spesies hewan yang ada di dunia dan 16% termasuk dalam daftar spesies hewan di dunia yang hamper punah.

DCIM101GOPRO
Davina lihat penguin
DCIM101GOPRO
Melihat penguin dari jarak yang sangat dekat

Sebaiknya anda datang dari pagi ke kebun binatang ini, buka dari jam 08.30-18.00 waktu setempat. Oleh karena membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam untuk mengitari semua lokasi di kebun binatang ini. Memang kebun binatang ini menawarkan paket Night Safari (seperti paket di taman Safari Indonesia) namun saya tidak merekomendasikannya karena hewannya hampir sama, cuma beda lihat hewannya versi siang atau malam hari. Harga tiket juga relatif murah, untuk Dewasa 32 SGD dan untuk anak 21 SGD, di bawah 3 tahun gratis.

Bagaimana cara ke Singapore Zoo? Anda dapat menggunakan MRT naik jalur merah, turun di Ang Mo Kio station. Setalah turun MRT, keluar ext C dan nyebrang ke Ang Mo Kio terminal bis terpadu. setelah turun MRT. Kemudian cari bus no 138. Tinggal duduk manis aja, kita akan sampai di depan Singapore Zoo persis karena itu adalah pemberhentian terakhir bus tersebut. Jadi gak bakalan nyasar.

Hal yang menarik lainnya adalah show atau pertunjukan yang diadakan pada jam-jam tertentu setiap harinya. Show ini semacam pertunjukkan seni teater yang menunjukkan kemampuan hewan dan manusia dalam beratraksi. Mungkin seperti di Gelanggang Samudera Ancol.

DCIM101GOPRO
Pertunjukan Splash Safari
IMG_2547
Davina menikmati pertunjukan animal show
DCIM101GOPRO
Pertunjukan Elephants at Work & Play

Hal yang seru lagi bagi anak-anak, Singapore Zoo mempunyai water playground. Semacam water park mini. Tentu Davina sangat senang. Mungkin lebih banyak waktu yang dihabiskan di wahana Water Playground ini ketimbang muter-muter lihat binatang.

DCIM101GOPRO
Water Playground
DCIM101GOPRO
Davina lupa waktu
DCIM101GOPRO
Main seluncuran

Setelah puas main air, kami makan siang di Singapore Zoo. Tempatnya persis disebelah wahana Water Playground, hanya saja menunya kebanyakan fast food. Apa boleh buat..

Selepas makan siang kami melanjutkan perjalanan ke area-area lainnya, seperti hewan air (semacam Sea World versi mini), hewan reptil, dll. Oleh karena kebun binatang ini sangat terbuka kita tidak bisa menghindari panas yang sangat terik, karena itu jangan lupa membawa payung. Apabila anda merasa jarak antara satu area ke area lain terlalu jauh, jangan takut, sebab akan ada shuttle train yang akan membawa anda berputar-putar dari satu shelter ke shelter lain. Jadwal shuttle train ini dapat anda lihat di brosur/flyer yang diberikan saat di pintu masuk. Tentunya, fasilitas ini gratis.

DCIM101GOPRO
Naik shuttle bus
IMG_2558
Sea world versi mini
DCIM101GOPRO
Davina “kagum” melihat ikan-ikan yang sangat besar ukurannya
DCIM101GOPRO
Davina memegang salah satu binatang malam

Singapore Zoo ini sangat luas, karena itu kita harus cermat dalam menyusun rute perjalanannya. Tapi jangan takut, di web resminya kita dapat mendowload “Suggested Itinerary”, semacam saran untuk perjalanan sehari (kurang lebih untuk settingan waktu 6 jam). Mungkin anda dapat mengikuti petunjuk ini, untuk memastikan semua pertunjukannya tidak terlewatkan. Jadi jam sekian sampe jam sekian sebaiknya anda harus ke sini, ke sana, bla..bla..

DCIM101GOPRO
Singapore Zoo sangat luas

Sewaktu kami mengunjungi Singapore area yang paling terbaru dan terfavorit adalah zona Frozen Tundra, dimana terdapat kandang Polar Bear. Kandangnya dibuat sedingin kutub utara yang merupakan habitatnya asli beruang kutub. Juga terdapat 2 ekor Panda Raksasa yang didatangkan langsung dari Cina. Kandangnya dibuat sama persis dengan habitatnya. Sehingga ketika kita masuk, udara yang sangat dingin akan menyambut kita. Lumayan, setelah berpanas-panas, numpang ngadem sejenak sambil melihat tingkah panda yang lucu.

DCIM101GOPRO
Davina antusias melihat Panda
DCIM101GOPRO
Namanya Kai Kai dan satunya lagi Jia Jia
IMG_2565
Foto manyun di depan prototype Kai Kai
IMG_2575
End of journey alias pintu keluar Singapore Zoo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s