Pengalaman Menginap di Rumah Pohon, Taman Safari Cisarua Bogor

Minggu lalu seorang teman saya bertanya tentang pengalaman menginap di Rumah Pohon, Taman Safari Cisarua Bogor. Kenapa tidak sekalian saja saya tulis di blog keluarga?

Sebelumnya Kak Vina selalu mengatakan ingin menginap di rumah pohon seperti di film-film animasi yang pernah ia lihat? Ternyata ada lho hotel yang menyerupai rumah pohon tersebut. Rumah pohon tersebut ada di Taman Safari Cisarua, Bogor. Lengkap dengan jembatan gantung untuk akses jalannya antar rumah.

Kalau tidak salah ya, terdapat 8 unit rumah pohon. Empat unit yang lama dan empat unit yang baru. Bedanya di unit rumah yang baru terdapat perosotan dari lantai 2 (mezzanine) langsung ke lantai 1. Jadi seru kan?  Secara keseluruhan fasilitas sama yaitu setiap unit terdapat 1 double bed dan 1 bed bertingkat (bisa untuk kapasitas 4-6 orang) ditambah extra bed di ruang tengah, 2 kamar mandi, pantry untuk memasak, sofa di ruang tamu, televisi di kamar utama, lahan parkir untuk 1 mobil, dan tempat untuk bersantai sekaligus menyalakan api unggun di bagian luar hotel. Untuk interior ruangan didominasi ornamen serba kayu yang dibentuk sedemikian rupa walaupun dibentuk dari semen. Mulai dari dinding, lantai, hingga tempat tidur.

Selain desainnya yang unik, lokasi Tree House ini dikelilingi pula oleh pepohonan sehingga membuat kita seperti tinggal di tengah hutan. Apalagi lokasi Taman Safari tepat berada di kaki Gunung Gede Pangrango, jadi udaranya dijamin sejuk dan segar. Tidak seperti udara di Ibukota Jakarta belakangan ini.

Namun menginap di hotel ini sih lumayan harganya. Per malamnya dikenai tarif Rp 2,2 juta untuk weekend, yang pastinya untuk weekdays mungkin lebih murah. Akan tetapi ini untuk unit Rumah Pohon yang baru ya.. yang di dalamnya terdapat perosotan. Untuk unit rumah yang lama (yang tidak ada fasilitas perosotan) lebih murah Rp 200 ribu. Tetapi dijamin anak-anak akan senang dan bahagia.

Romah Pohon ini ada dalam kawasan Taman Safari Cisarua Bogor. Untuk menuju area Rumah Pohon kita harus naik kendaraan (mobil) karena jaraknya cukup jauh mungkin dan paling ujung dari kawasan penginapan. Jadi kita akan melewati area penginapan yang lain terlebih dahulu; yaitu Safari Lodge, Caravan dan Bungalow-nya. Oh ya, tentunya menginap di Rumah Pohon ini sudah termasuk sarapan di Restoran Caravan yang ada di area penginapan Taman Safari (area depan pintu masuk).

Apakah menyenangkan menginap di Rumah Pohon Taman Safari Cisarua Bogor? Buat kami sekeluarga jawabannya tentu saja “YA”. Apalagi unit rumah Pohon Kami terdapat perosotannya, Kak Vina tidak bosan-bosannya naik turun bahkan sampai malam pun dia masih saja bermain. Pemandangan di sekitar Rumah Pohon juga masih terasa “hutan”-nya. Ada suara jangkrik, kadang kita mendengar suara binatang-binatang malam (nokturnal) yang tentunya memberikan pengalaman baru dan berbeda bagi anak-anak. Kalau kita menginap di area caravan dan bungalow yang sangat ramai, mungkin kita tidak mendapatkan pengalaman ini.

Saran saya sih untuk itinerary minimal 2 hari 1 malam. Hari pertama dari siang sampai sore kita bisa jalan-jalan ke kebun binatangnya dan menonton beberapa show pertunjukan atraksi binatang. Mungkin luangkan waktu kita sejenak ke Istana Panda untuk melihat 2 panda lucu yang langsung didatangkan dari China. Akan tetapi kendaraan pribadi tidak boleh memasuki kawasan tersebut. Jadi kita harus naik shuttle bus yang sudah disediakan pihak Taman Safari. Kita dapat memarkir terlebih dahulu kendaraan kita, lalu berjalan ke halte bus yang akan membawa kita ke Istana Panda. Jangan takut di Istana Panda terdapat food court yang menyediakan berbagai jenis makanan, termasuk bakpao yang dibentuk seperti panda. Jadi dijamin anak-anak pasti suka.

rumah pohon02

 

Setelah sore menjelang malam, kita baru check in ke Rumah Pohon dan besoknya dapat melanjutkan kembali jalan-jalan ke Taman Safari atau berenang di kolam renang yang terdapat dekat dengan area restoran tempat para pengunjung sarapan pagi.

Sampai jumpa di pengalaman berikutnya…

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s